Tugas PKN Orientasi Politik

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komponen Orientasi

Alegiensi

Objek Umum

Objek Input

Objek Output

Orientasi Kognitif

Kemerdekaan Indonesia bukan dari hasil pemberian Jepang melainkan dengan perjuangan bangsa Indonesia sendiri dengan bantuan Tuhan YME

Pada pemilu tahun 2009 yang lalu diikuti oleh 34 partai nasional dan 6 partai lokal Aceh

Hak Asasi Manusia di Indonesia diatur dalam UUD 1945 pasal 28A-28J

Orientasi Afektif

Saya senang jika pemuda saat ini menghargai perjuangan pahlawan dalam mencapai kemerdekaan Indonesia

Saya kecewa karena partai politik saat ini melakukan money politic untuk mendapatkan jabatan mereka

Saya senang pemerintah mengeluarkan peraturan wajib belajar 9 tahun

Orientasi Evaluatif

Pendapat saya tentang pemilihan presiden yang dilakukan secara langsung oleh rakyat sangat bagus, karena mencerminkan sikap demokrasi

Menurut saya, perlu diadakan musyawarah untuk meminta kebijakan kepada pemerintah mengenai kenaikan harga BBM

Saya sangat mendukung UUD 1945 pasal 28A-28J yang memuat tentang peraturan Hak Asasi Manusia di Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS 2

 

 

 

Komponen Orientasi

Apati

Objek Umum

Objek Input

Objek Output

Orientasi Kognitif

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945

MPR terdiri atas DPR dan DPD

UUD 1945 terdiri atas 16 bab, 37 pasal, 2 pasal peralihan, dan 2 pasal tambahan

Orientasi Afektif

Saya tidak peduli tentang sejarah kemerdekaan Indonesia

Saya tidak peduli terhadap masalah yang terjadi antara beberapa partai politik saat ini

Saya tidak peduli jika diadakan perubahan lagi terhadap UUD 1945

Orientasi Evaluatif

Bukan urusan saya jika akan diadakan hari peringatan 17 Agustus

Masalah yang terjadi antara pemerintah dan beberapa organisasi-organisasi masyarakat saat ini bukan merupakan urusan saya

Peraturan pemerintah yang melarang untuk merokok di tempat umum itu tidak ada hubungannya dengan saya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Orientasi

Aliensi

Objek Umum

Objek Input

Objek Output

Orientasi Kognitif

Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik

Jumlah partai politik pada pemilihan umum tahun 2004 yaitu sebanyak 24 partai

Agama di Indonesia diatur dalam UUD 1945 pasal 29

Orientasi

Afektif

Saya tidak setuju jika diadakan pemilihan umum Gubernur secara langsung oleh rakyat

Saya tidak setuju jika diadakan demonstrasi atau unjuk rasa untuk meminta kebijakan kepada pemerintah mengenai masalah pendidikan di Indonesia

Saya tidak setuju jika diadakan amandemen lagi terhadap UUD 1945

Orientasi Evaluatif

Peringatan hari kemerdekaan merupakan hal yang sia-sia

Organisasi-organisasi masyarakat yang ada saat ini kebanyakan hanya membuat suasana politik menjadi bertambah rumit

Kebejikan pemerintah untuk menaikkan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) merupakan suatu keputusan yang tidak tepat dan dapat membebani rakyat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan :

 

 

 

   Alegiensi

Apati

 

Aliensi

Kognitif

 

        +

+

 

+

Afektif

 

        +

0

 

Evaluatif

 

        +

0

 

 

Tanda +   :  Frekuensi pemahaman tinggi perasaan / evaluasi positif

Tanda –   :  Frekuensi evalusi dan perasaan negatif yang tinggi

Tanda 0  :  Frekuensi keacuhan yang tinggi

Leave a Reply

